Inilah Para Jawara Musabaqah Fahmil Quran Unhas Islamic Fair

mpmunhas.orgMakassar – Alhamdulillah, Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushallah (UKM LDK MPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan kegiatan Musabaqah Al-Quran yang merupakan rangkaian kegiatan dari Unhas Islamic Fair 2017 di Gedung Ipteks Unhas dan Gedung Pertemuan Ilmiah (GPI), Selasa (31/10).

Musabaqah Al-Quran sendiri memiliki dua cabang lomba yaitu, Musabaqah Fahmil Quran dan Musabaqah Hifzhil Quran yang terdiri dari hifzhil Quran 5 juz dan 10 juz. Kegiatan ini ditargetkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi Se-Sulawesi Selatan yang berlangsung selama tiga hari. Peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah seperti delegasi dari Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Wajo, Bulukumba dan Kota Makassar.

Untuk Fahmil Quran putra sendiri tim yang berhasil masuk Grand Final adalah Delegasi Ma’had Aly As’adiyah Sengkang, STIBA Makassar, Universitas Hasanuddin dan UIN Alauddin Makassar. Tim yang berhasil menyabet juara pertama adalah delegasi UIN Alauddin Makassar diikuti oleh Unhas dengan juara kedua dan Ma’had Aly As’adiyah Sengkang harus puas dengan posisi ketiga.

Muhsin selaku Ketua Tim UIN Alauddin Makassar menyampaikan bahwa timnya sangat puas atas perolehan yang didapatkan di Fahmil Quran walaupun dengan persiapan yang kurang matang. “Kami sebenarnya minim persiapan tetapi karena ada pengalaman dari MTQ sebelumnya sehingga bisa ditaktisi beberapa soal yang ada”, ujarnya.

Senada dengan Muhsin, Ketua Tim Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Khairul Anam menuturkan bahwa dia sangat senang berada diposisi ketiga padahal timnya tidak ada pengalaman mengikuti lomba serupa. “Dari babak penyisihan sampai babak final kami hanya bermain aman dan menjawab yang sebisanya saja”, tuturnya. Lebih lanjut, Khairul berharap kampusnya bisa ikut event ini tahun depan.

Untuk pemenang lomba Musabaqah Hifzhil Quran 5 juz dan 10 juz, InsyaAllah akan diumumkan saat Closing Ceremony bersamaan dengan Seminar Islam Nasional, Ahad (5/11). (Tim Pubdok Unhas Islamic Fair)

Jawara Musabaqah Fahmil Quran Unhas Islamic Fair:

Juara 1 : UIN Alauddin Makassar (Muhsin, Rian, Fauzi)

Juara 2 : Universitas Hasanuddin (Syamsuddin, Nirwan, Ahmad)

Juara 3 : Ma’had Aly As’adiyah Sengkang (Khairul Anam, Ramlan, Ma’tang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *