Bentuk Karakter Islami, Puluhan Mahasiswa FISIP Unhas Ikuti Latihan Kepemimpinan Islami

IbnukhaldunNews – ldkmpm.unhas.ac.id, Makassar — Puluhan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (FISIP Unhas) mengikuti Latihan Kepemimpinan Islam (LKI) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Mahasiswa Ibnu Khaldun (UKM LDM Ibnu Khaldun) FISIP Unhas. Kegiatan yang bertemakan “Be the Great Leader and Proud of your Islamic Identity” merupakan salah satu program kerja Kaderisasi UKM LDM Ibnu Khaldun FISIP Unhas, yang berlangsung pada hari Ahad (3/12) di Ruang FIS III FISIP Unhas.

Ketua umum UKM LDM Ibnu Khaldun FISIP Unhas, Uznul Fajrin mengatakan diadakannya kegiatan ini untuk membentuk karakter dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa betapa besar urgensi dalam memahami dasar-dasar islam serta melatih mahasiswa menjadi seorang pemimpin yang islami dan bisa meneladani Kepemimpinan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

“LKI adalah salah satu training yang membentuk karakter religius mahasiswa sebagai salah satu cita-cita dalam karakter “MARITIM” Universitas Hasanuddin. Tidak hanya cerdas dalam akademik juga cerdas dalam hal agama. Para pemuda di sini diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang tidak lupa dengan identitas keislamannya sehingga setiap keputusan yang diambil tidak bertentangan dengan syariat Islam.” katanya.

Dosen sosiologi FISIP Unhas, Adnan Kasogi yang hadir sebagai pembuka kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan LKI ini sangat bermanfaat dimana bisa membentuk karakter dan akhlak mahasiswa. “Melalui kegiatan ini, kita berharap adanya pelanjut estafet dakwah yang memiliki akhlak dan pribadi yang islami di FISIP Unhas,” ujarnya

Salah satu peserta Latihan Kepemimpinan Islam 1, Nur Safitra mengungkapkan sangat terkesan dalam mengikuti acara LKI 1 ini sebab dapat melatih kepemimpinan dan belajar bagaimana itu kepemimpinan dalam Islam terutama di masa Nabi dan Rasul dan masa-masa emas kepemimpinan Islam. Tidak hanya itu, juga terkesan dengan materi Public Speaking. “Hal yang sangat menarik dari materi kemarin ialah tentang public speaking di mana saya pribadi jadi tau tentang bagaimana menjadi seorang yang pandai berbicara di depan umum dan pematerinya sangat bagus dan cukup mudah untuk dipahami,” ungkapnya.

Acara yang dilaksanakan terpisah antara laki-laki dan perempuan ini menyajikan materi-materi seperti Bekal Seorang Pemimpin, Problematika Ummat, Public Speaking, The Meaning of Life dan Pedoman Keberhasilan Sang Pemimpin. (Andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *