Biro Adik Asuh

1932409_1537210203186388_56728271727635188_n

Profil

Biro Adik Asuh (BAA) adalah salah satu biro dalam struktur kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushallah Universitas Hasanuddin (UKM LDK MPM Unhas) yang dibentuk untuk membantu mengoptimalkan syiar dakwah melalui pengabdian kepada masyarakat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bentuk syiar Biro Adik Asuh di lingkungan kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea dengan membantu adik–adik terutama yang kurang mampu. Biro ini terbentuk sebagai wujud atas rasa keprihatinan dan kepedulian kepada masyarakat yang berada di sekitar kampus Unhas Tamalanrea.

Biro Adik Asuh merupakan salah satu biro semi otonom, beriorientasi pada pembinaan moral dan akhlak anak–anak demi terwujudnya masyarakat yang rabbani yang berada di sekitar lingkungan kampus Unhas Tamalanrea. Lembaga ini menjadi mitra bagi civitas akademika Unhas dan masyarakat umum dalam mengembangkan wawasan adik asuh, baik moral, akhlak, intelektual, dan kepribadiannya, Biro Adik Asuh pela menjadi wasilah untuk beramal jariyah dengan membuka peluang berdonasi. Sehingga adanya lembaga ini menjadi wadah dalam bertukar informasi, pikiran, dan gagasan serta menjadi wadah dalam memberikan bantuan bagi adik – adik kurang mampu.

 

Biro Adik Asuh UKM LDK MPM Unhas didirikan di Makassar pada tanggal 19 desember 1987 oleh para mantan aktifis mahasiswa islam pelopor oleh penggerak reformasi indoseia.Biro ini memiliki tujuan di antaranya adalah :

  1. Melaksanakan pembinaan pendidikan dan menambah nilai-nilai keislaman kepada adik-adik asuh.
  2. Menjalin Ukhuwah antara pengurus, adik asuh, donatur dan orang tua adik asuh.
  3. Pengumpulan dan Pengelolah dana yang dihimpun dari para donatur, baik donatur tetap maupun donatur tidak tetap.
  4. Menyalurkan bantuan dana kepada adik–adik asuh.
  5. Melakukan pengolahan sumber daya manusia kakak asuh untuk pengoptimalan tenaga pengajar

Biro Adik Asuh beranggotakan 13 orang, terdiri dari 7 orang ikhwan dan 6 orang akhawat yang berasal dari berbagai fakultas yang In syaa Allah dapat bekerja secara professional dan mampu bekerja sama untuk memaksimalkan kerja-kerja dakwah terkhusus di BAA. Melalui program kerja dan agenda kerja yang akan diusung oleh Biro Adik Asuh, diharapkan mampu menunjang dan mengoptimalkan kerjasama UKM LDK MPM Unhas dengan civitas akademika dalam membumi syiarkan dakwah ahlusunnah wal jama’ah di kampus Unhas dan mencitrakan dakwah dari lembaga UKM LDK MPM Unhas secara positif dan komprehensif.

Visi

Terbentuknya adik asuh yang berjiwa Rabbani dengan kekokohan spiritual berlandaskan Al-Qur’an dan as-sunnah melalui Biro Adik Asuh

Misi

  1. Memberikan pendidikan dan pembinaan kepada adik asuh berdasarkan ilmu dan pemahaman yang syar’i
  2. Mengoptimalkan kinerja pengurus BAA UKM LDK MPM Unhas
  3. Mengoptimalkan system pembelajaran dengan adanya kurikulum berbasis al-qur’an dan as-sunnah
  4. Mengoptimalkan publikasi BAA UKM LDK MPM Unhas melalui media kampus dan media social.
  5. Menjalin hubungan baik dengan pihak yang mendukung program kerja BAA UKM LDK MPM Unhas
  6. Meningkatkan system manajemen dan optimalisasi donatur BAA UKM LDK MPM Unhas

Motto

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali 3 pekara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendo’akannya.” (HR. Muslim, Abu Dawud, dan An-nasa’i)

Fanpage BAA                     : Biro Adik Asuh Unhas (BAA UKM LDK MPM UNHAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *