Biro Pendidikan Al-Qur’an

Profil

Biro Pendidikan Al –Qur’an merupakan salah satu departemen/biro dalam struktur kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla (UKM LDK MPM) Unhas  yang dibentuk untuk membantu mengoptimalkan syiar dakwah dengan melakukan pembinaan dan pengajaran Al –Qur’an, tekhusus dalam pembelajaran Ilmu Tajwid, tata cara membaca Al–Qur’an dengan baik dan benar serta penanaman nilai – nilai Al – Qur’an bagi civitas akademika muslim di Unhas sehingga terbentuk generasi Qur’ani.Biro Pendidikan Al –Qur’an beriorentasi pada pelaksanaan Studi Al – Qur’an Intensif (SAINS). Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dengan UPT  MKU  Unhas dalam  hal ini mata kuliah Pendidikan Agama Islam.

SAINS bermanfaat sebagai wadah pembinaan dan penanaman nilai – nilai Islam secara utuh dan berkelanjutan bagi para mahasiswa muslim. Sehingga dapat menjadikan kampus Unhas menjadi kampus yang bebas buta aksara Al – Qur’an, serta terbentuk masyarakat akademik yang mencintai Al –Qur’an. Di sisi lain, SAINS juga memiliki fungsi sebagai wadah kaderisasi. Namun, selama ini  kurang dimanfaatkan  secara  maksimal. Maka harapan kedepan, SAINS dapat memperoleh dukungan penuh dari berbagai pihak, baik dari pihak internal UKM LDK MPM Unhas maupun pihak eksternal yang selama ini banyak bersinggungan dengan pengolahannya. Dari sisi internal, SAINS merupakan gerbang pengaderan yang jika dimanfaatkan secara maksimal maka akan menguatkan posisi LDK MPM yang merupakan lembaga dakwah kampus yang resmi sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dari sisi eksternal, SAINS dapat membantu terwujudnya lingkungan kampus yang civitas akademikanya senantiasa mencintai Al – Qur’an.

Biro Pendidikan Al –Qur’an beranggotakan 18 orang yang terdiri dari 10 orang ikhwa dan 8 orang akhawat, yang diharapkan dapat bekerja profesional dan maksimal dalam mengemban amanah dakwah melalui  kerjasama dan ukhuwah antarsesama  pengurus.

Visi

Menjadikan BPA UKM LDK MPM sebagai pusat pembelajaran Al-Qur’an di Universitas Hasanuddin

Misi

  1. Mengoptimalkan sistem manajemen BPA dalam menunjang profesionalitas kerja dakwah
  2. Meningkatkan kualitas asisten dan mudarris
  3. Memaksimalkan hubungan silaturahim dengan dosen agama, pihak birokrasi, dan lembaga – lembaga internal kampus
  4. Mensyiarkan seluruh aspek kegiatan BPA ke civitas akademika
  5. Menumbuhkan minat dan semangat mahasiswa untuk belajar dan mencintai Al –Qur’an
  6. Meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalammembaca dan menghafal Al – Qur’an
  7. Melakukan pengontrolan semua aspek kegiatan BPA

Motto

“Al-Qur’an dulu, Al-Qur’an lagi, Al-Qur’an terus”

http://sainsmku.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *