Departemen Kaderisasi

Profil

Departemen Kaderisasi merupakan salah satu departemen dalam struktur kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla (UKM LDK MPM) UNHAS  yang dibentuk untuk mencetak kader dan diharapkan kader-kader yang dicetak, bukan hanya banyak dari segi jumlah, akan tetapi secara kualitas pun mereka bisa tumbuh menjadi kader-kader yang militan atau unggul

Departemen kaderisasi berorientasi pada tahapan pengaderan yang berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan potensi yang dimililki oleh setiap kader. Melalui proses pengaderan ini, diharapkan mampu menghasilkan kader yang tertarbiyah berdasarkan pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, berjiwa militan dan profesional serta berakhlak mulia. Hal ini dilakukan demi melanjutkan tongkat estafet perjuangan dakwah yang merupakan warisan para Nabi dan Rasul. Kader-kader yang dibentuk diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dalam perjuangan ini, yaitu menjalankan kerja-kerja dakwah, yang sesuai dengan Manhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah. Berharap kader-kader pun bisa tersebar merata di seluruh fakultas se-Universitas Hasanuddin. Dalam rangka memaksimalkan kinerja dari departemen kaderisasi, maka proses perekrutan kader yang dilakukan bekerjasama dan berkoordinasi dengan seluruh departemen/biro yang ada di UKM LDK MPM unhas dan lembaga dakwah fakultas lingkup Universitas Hasanuddin agar program yang dijalankan dapat memberikan hasil yang maksimal dalam upaya percepatan pembentukan kader yang unggul.

Departemen ini beranggotakan 17 orang terdiri atas 9 orang ikhwan dan 8 orang akhawat. Personil yang ada diharapkan mampu bekerjasama, memiliki kemampuan manajemen organisasi  peka terhadap situasi yang terjadi, komitmen dan bertanggung jawab.  Melalui hal tersebut, amanah dakwah yang diemban harus mampu diselesaikan secara profesional dengan senantiasa berinovasi, sehingga mampu menghasilkan karya bagi kemajuan dakwah di kampus Unhas.

Visi

Membentuk kader yang luber dan militansi dalam barisan Mujahid fii Sabilillah

Misi

  1. Mengoptimalkan fungsi halaqah tarbiyah.
  2. Melakukan perekrutan kader secara intensif dan berkelanjutan
  3. Mengarahkan potensi kader pada bidang keahlian yang diminati
  4. Melibatkan kader dalam berbagai kegiatan dakwah
  5. Memaksimalkan kerjasama dengan LDF lingkup Universitas Hasanuddin
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas murabbidan Murobbiyah
  7. Melakukan pendataan dan pengontrolan kader yang tersebar merata di seluruh fakultas

Motto

“…in uriidu illal ishlaaha masthata’tu…”(Q.S Hud : 88)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *