Biro Khusus Pengembangan Dakwah Fakultas

Profil

Biro Khusus Pengembangan Dakwah Fakultas (BKPDF) merupakan salah satu biro dalam struktur kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla (UKM LDK MPM) Unhas yang dibentuk untuk membantu mengembangkan syi’ar dakwah ahlu sunnah wal jama’ah di fakultas-fakultas melalui lembaga-lembaga dakwah yang semanhaj. BKPDF merupakan salah satu biro yang bersifat semi otonom yang memiliki fungsi sinergitas.

Fungsi Sinergitas adalah terjalinnya hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) antara LDK sebagai lembaga induk (pusat) dengan LDF sebagai perpanjangan tangan. Adapun bentuk sinergitas yang dimaksud adalah
– Sinergitas Visi LDK-LDF
Yang dimaksud adalah Visi jangka panjang. Visi jangka panjang yang dimiliki oleh MPM dan LDF sejalan.
– Sinergitas program kerja LDK-LDF
Yang dimaksud adalah antara LDK dan LDF mengupayakan untuk tidak mengalami antinomy satu sama lain program kerja. Upaya sinergitas ini akan dilakukan dalam bentuk pengaturan program kerja LDK-LDF.
– Sinergitas sistem kaderisasi LDK-LDF
Yang dimaksud adalah antara LDK dan LDF memiliki sistem kaderisasi yang sama terutama pola/alur pengaderan. Termasuk didalamnya adalah pengontrolan kader (Tarbiyah/Tahsin, Kepanitiaan, dan Kepengurusan) dan hal-hal strategis lainnya terkait kaderisasi (pemerataan distribusi kader, program-program kaderisasi, sumber daya murobbi, dll)
– Sinergitas syiar dakwah LDK-LDF
Yang dimaksud adalah kerjasama dalam pemaksimalan ekspansi syiar dakwah LDK MPM-LDF. Sinergitas ini menekankan pada efisiensi dan efektifitas syiar dakwah LDK-LDF.
– Sinergitas siklus organisasi LDK-LDF
Yang dimaksud adalah siklus organisasi satu periode baik antara LDK MPM dan LDF maupun LDF dan LDF saling beriiringan. Artinya, ketika MPM telah berakhir siklus keorganisasiannya maka segera setelah itu LDF pun demikian. Begitupun ketika satu LDF telah berakhir siklus keorganisasiannya maka segera setelah itu LDF yang lain pun demikian.

Visi

Menjadi sentra dan wadah koordinasi antara LDK-LDF maupun LDF-LDF

Misi

  1. Memaksimalkan fungsi sinergitas antara LDK-LDF maupun LDF-LDF
  2. Menjalin hubungan silaturrahim kelembagaan antara LDK-LDF maupun LDF-LDF

Motto

“Dimulai dari Fakutas, Menuju Unhas Kampus Islami’”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *